Kamis, 03 Mei 2012

aplikasi Marble bagian 1


1.      Sejarah Marrble
Marble adalah software virtual Globe interaktif yang berisi informasi-informasi geografi dari seluruh dunia. Marble didesain untuk pendidikan, seperti untuk para guru ilmu bumi yang mengajar pada murid-muridnya di dalam kelas.

2.      Pengertian Marble
Marble adalah sebuah atlas geografis yang sangat berguna dan sebuah dunia virtual desktop yang dirancang untuk memungkinkan Anda menjelajahi tempat-tempat lain di planet bumi ini dengan sangat mudah. Pengguna dapat menggunakan software ini untuk mencari tempat atau lokasi di bumi, membuat peta, mengukur jarak dan untuk mengambil informasi detail tentang suatu lokasi. Dengan antarmuka pengguna (user interface) yang bersih, sederhana dan mudah digunakan. 
Marble menyajikan peta tematik yang berbeda: sebuah peta topografi yang cocok untuk ditampilkan di ruang kelas sekolah, tampilan satelit, peta jalan, bumi pada malam hari dan peta suhu dan curah hujan. Untuk tujuan pendidikan Anda juga dapat mengubah tanggal dan waktu dan melihat bagaimana cakrawala langit dengan rasi bintangnya di waktu malam dan zona senja pada perubahan peta.
Marble merupakan sebuah aplikasi virtual globe gratis sebagai alternatif untuk pengguna Linux, Windows dan Mac OS. Untuk pengguna Linux, aplikasi open source ini datang bersama dengan KDE desktop, walaupun bisa juga dijalankan di GNOME. Seperti halnya Google Earth dan Bing Maps, juga bisa menampilkan citra satelit, tersedia juga visual citra satelit saat malam, peta globe kuno tahun 1689, informasi temperatur dan presipitasi. Bahkan tersedia tampilan Bulan, Venus dan Mars.
 Marble mampu menampilkan data dari OpenStreetMap serta membuka file Google Earth KML maps dan data GPS data GPX file. Marble juga bisa menampilkan foto mirip dengan layer Panoramio di Google Earth, mengetahui koordinat dengan sistem proyeksi yang berbeda dan tersedia Map Creation Wizard serta Map Sharing serta mengukur jarak antar satu lokasi ke lokasi lainnya.
Berikut ini sebagian dari fitur kunci dari Portable Marmer:
ü  Anda dapat menggeser dan zoom sekitar tempat-tempat dan jalan.
ü  Sebuah klik mouse pada label di suatu tempat akan memberikan artikel Wikipedia yang bersangkutan dengan tempat tersebut.
ü  Anda dapat mengukur jarak antara lokasi.
ü  Peta tematik yang bervariasi: mulai dari peta topografi seperti di sekolah, tampilan satelit, peta jalan, bumi pada malam hari dan peta suhu dan curah hujan.
ü  Mendukung beberapa proyeksi: Peta Datar (Plate Carré), Mercator atau Globe.

Gambar. 1.1 Tampilan Marble

3.      Manfaat Marble
·         Sebagai media pembelajaran pada siswa
·         Untuk mempermudah pengguna dalam melihat suatu wilayah dengan jelas tanpa harus mendatangi wilayah tersebut secara lagsung
·         Untuk mempermudah  memetakan suatu wilayah
·         Marmer juga menyediakan kemampuan perencanaan rute.
·         Untuk mengetahui suhu pada bumi

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "